Saham Terpukul, Euro Rugi, dan Mata Uang Berisiko Jatuh

Jun 13th 2020

Saham AS dijual selama tiga hari berturut-turut, dan kerugian hari ini adalah yang paling tajam.Dow Jones Industrial Averagejatuh 6,9%, atau 1.800 poin, penurunan satu hari terbesar dalam tiga bulan. Penghindaran risiko berada dalam full swing, dengan mata uang jatuh dan minyak jatuh dengan jumlah terbesar dalam dua bulan.Dolar ASdiperdagangkan sangat tinggi pada alur aset safe-haven.Dolar Australiaterpukul paling keras, dengan dolar Kanada dan Selandia Baru tertinggal tidak jauh di belakang. Sterling juga turun tajam dan yang mengejutkan, euro adalah mata uang yang paling ulet, tetapi pada akhirnya menyerah pada kerugian akhir hari. Ada banyak katalisator untuk kerugian saham. Alih-alih, kurangnya stimulus tambahan dari The Fed, pernyataan optimisme hati-hati Ketua Jerome Powell, aksi ambil untung dan kekhawatiran tentang gelombang kedua kasus virus corona setelah lonjakan di Texas, Arizona dan California semuanya berkontribusi terhadap penurunan tersebut.

Ketakutan akan gelombang kedua adalah nyata. Kasus Covid-19 meningkat di 21 negara bagian, dengan 14 kasus mengalami peningkatan baru. Florida melaporkan peningkatan Covid-19 satu hari terbesar sejak pandemi dimulai. Hal yang sama berlaku untuk Texas, yang melaporkan lebih dari 2.500 kasus baru, dan di Arizona, kasus telah meningkat 49% dari 26 Mei hingga 9 Juni. Hal tersebut setelah 14 hari (masa inkubasi Covid-19) setelah Memorial Day. Siapa pun yang berpikir bahwa AS telah memenangkan perjuangan melawan Covid-19 adalah salah dan, di negara-negara di mana kurva telah rata, seperti New York, masih harus dilihat apakah protes telah menggeser tren tersebut. Powell memperingatkan kemarin bahwa jika gelombang kedua terjadi secara lokal, hal itu bisa menghambat ekonomi, jadi dia tidak tahu pasti apakah pasar tenaga kerja turun.

Investor mencari keamanan pada dolar AS, mendorong dolar AS lebih tinggi terhadap semua mata uang utama dengan pengecualian safe-havens lainnya sepertiYenJepangdan SwissFranc. Aksi jual terhadapUSD/JPYdanUSD/CHFkonsisten dengan penurunan pada saham dan imbal hasil Obligasi. Klaim pengangguran mingguan dan indeks harga produsen memiliki dampak yang sangat kecil pada dolar AS. PPI naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Mei, tetapi tidak termasuk pemulihan harga energi dan harga makanan,PPIturun selama dua bulan berturut-turut.Klaim pengangguransedikit lebih rendah, dengan 1,5 juta pengajuan tunjangan baru, turun dari 1,89 juta pada minggu sebelumnya dan dari titik tertinggi 6,89 juta pada akhir Maret.Indeks sentimen konsumen Universitas Michigandijadwalkan untuk rilis besok dan, mengingat reli saham hingga minggu ini dan pembukaan kembali negara, kami memperkirakan peningkatan lebih lanjut pada sentimen.

Tidak seperti mata uang lain yang mengalami penurunan tajam hari ini, dibandingkan dengan mata uang lain, kerugian pada euro lebih moderat. Sulit untuk menentukan katalis spesifik untuk euro. Ini bisa menjadi pembukaan kembali yang berkelanjutan, pelonggaran larangan perjalanan atau kurangnya upticks yang berarti dalam infeksi baru diEropakarena pembatasan mengalami pelonggaran. Produksi industri zona euro akan dirilis besok dan penurunan yang lebih dalam diperkirakan terjadi. Kami terus mencari koreksi padaEUR/USD, terutama jika saham terus turun karena pergerakan menjadi terlalu berlebihan.

DolarAustraliadanSelandia Baruterpukul paling parah oleh penghindaran risiko. Berbeda dengan AS, kedua negara secara efektif berhasil meratakan kurva. Hanya sembilan kasus dilaporkan diAustraliahari ini, sementara Selandia Baru hanya memiliki tujuh kasus dalam sebulan terakhir dan nol dalam seminggu terakhir. Namun, mata uang ini sangat sensitif terhadap toleransi pasar dalam menghadapi risiko, terutama setelah pergerakan kuat pada Mei dan Juni. Ketegangan antaraCinadan Australia sedang memanas, dengan Cina memberi tahu Australia untuk mencermati masalah mereka saat ini. Cina menghukum Australia atas dasar mempertanyakan Beijing yang telah membebaskan penyebaran Covid-19. Hal ini hampir menghasilkan tarif dan membuat aliran pendapatan pendidikan hampir $38 miliar beresiko.Dolar Kanadajuga turun tajam di belakang penurunan tajam pada harga minyak mentah.USD/CADmenembus di atas 1,35, menikmati reli terkuat dalam lebih dari sebulan.

Sterlingakan menjadi fokus besok, dengan PDB bulananInggris, produk industri, dan neraca perdagangan dijadwalkan untuk dirilis. Menimbang bahwa ini adalah data untuk bulan April, ketika PMI manufaktur mencapai rekor terendah, risikonya adalah penurunan untuk laporan ini.