Optimisme Vaksin dan Harapan Pembukaan Kembali Bayangi Ketegangan Hubungan AS-Cina

Jun 13th 2020

Ketika ketegangan AS-Cina yang meningkat mendominasi perdagangan pada akhir pekan lalu, para traders tertarik dengan berita positif karena mereka mundur dari akhir pekan yang panjang di banyak negara. Optimisme seputar pelonggaran terhadap lockdown dan potensi vaksin oleh Novavax (NASDAQ: NVAX) memicu risiko perdagangan di Asia yang menyebar keEropauntuk pembukaan.

Setelah kabar baik mengenai vaksin milik Moderna pekan lalu, Novavax, perusahaan Amerika lainnya mengatakan mereka sedang mengalami kemajuan dalam uji coba vaksin terhadap manusia diAustraliadengan hasil yang diperkirakan rilis pada bulan Juli. Mengingat bahwa vaksin dianggap sebagai satu-satunya cara untuk mengembalikan keadaan normal sebelum Covid-19, setiap berita mengenai baik mengenai vaksi diterima dengan baik oleh para traders.

Selama akhir pekan yang panjang, warga Amerika keluar untuk menikmati kebebasan yang baru yang mereka temukan,Jepangmengumumkan miliaran lebih banyak stimulus dan menunjukkan bahwa lockdown yang tersisa di kota-kota akan berakhir. PDBSingapuradiperkirakan mencapai -4,7%, yang secara signifikan lebih baik dari perkiraan sebesar -7,4%.

Boris Johnson mengklarifikasi pembukaan kembali jalan Inggris

DiInggris, kejelasan dari Boris Johnson mengenai jadwal untuk mengurangi pembatasan lockdown telah meningkatkan sentimen dan mengangkat nilai pound. Pasar lokal dan dealer mobil dapat dibuka mulai minggu depan sementara semua toko akan dapat dibuka kembali mulai tanggal 15 Juni jika mereka mematuhi aturan social distancing dari pemerintah.

Walaupun pembukaan kembali toko merupakan langkah yang penting, sektor ini masih menghadapi tantangan besar. Sorotan mengenai perjuangan data CBI sektor akan dirilis hari ini dan diperkirakan akan menunjukkan penurunan rekor lain ke -65, turun dari -55.

Project Birch

Selain itu, sentimen yang mengalami peningkatan adalah Project Birch, sebuah rencana yang disahkan oleh Rishi Sunak untuk menyelamatkan perusahaan-perusahaan penting yang secara strategis menghadapi kesulitan keuangan yang sangat parah. Proyek ini akan memprediksi pemerintah Inggris yang akan mengadopsi langkahPerancisdanJermanuntuk investasi negara besar dalam bisnis swasta. Menyusul bailout Lufthansa (DE:DE:LHAG) oleh pemerintah Jerman, nama-nama besar dan perushaan Inggris seperti Jaguar Land Rover dengan cepat berada dalam antrian bailout.

Minyak naik pada pemangkasan penawaran, dan penambahan permintaan

Harga minyak naik di awal perdagangan pada Selasa karena pembatasan lockdown menghasilkan lebih banyak mobil di jalan yang kemudian meningkatkan permintaan untuk bahan bakar. Yang terpenting, pada saat yang sama, perkiraan mengenai produsen yang setuju akan pemangkasan produksi semakin menguat. Rusia melaporkan bahwa produksinya hampir turun ke target 8,5 juta barel per hari. Peningkatan permintaan yang cukup ditambah dengan bukti yang semakin kuat mengenai pemangkasan pasokan akan meningkatkan harga minyak.

Minyak Mentah WTI Berjangkadiperdagangkan pada +3%, ketika mereka menargetkan $35. Perusahaan-perusahaan minyak besar di FTSE dapat mewujudkan peningkatan pada pembukaan.

Percaya diri konsumen tidak cukup kuat, lonjakan diperkirakan

Ke depan kepercayaan konsumen AS akan menjadi fokus. Mengingat ketergantungan ekonomi AS pada konsumen, moral dapat membantu menggambarkan kondisi pemulihan. Angka-angka ini diperkirakan untuk memperbaiki penurunan bulan April yang mencapai 86,9, walaupun masih belum dapat dipastikan. Dengan klaim pengangguran awal yang menunjukkan bahwa sekitar 25% dari tenaga kerja AS telah mendaftar untuk tunjangan pengangguran, hal ini hampir mustahil menjadi latar belakang untuk pemulihan kepercayaan konsumen yang kuat.