Gilead Melemah Seiring Pasar Beralih Ke Produsen Lain Untuk Obat COVID-19

Jun 13th 2020

Hampir sebulan yang lalu, obat antiviral remdesivir Gilead Sciences (NASDAQ:GILD) tampak seperti harapan besar untuk mengobati covid-19. Investor menjadi liar, melakukan penawaran besar-besaran pada saham perusahaan biofarmasi yang berbasis di California ini, menyebabkan lonjakan saham sebesar 11% lebih tinggi pada awal trading tanggal 29 April, ketika berita kemanjurannya dalam uji coba kritis dirilis.

Sahamnya naik $22,59, atau 35,74% antara 31 Januari hingga 29 April, tetapi sejak itu sahamnya melemah. Itu karena penelitian tambahan pada nilai kuratif remdesivir.

Sementara hasil menunjukkan bahwa obat percobaan ini dapat membantu orang-orang dengan kasus COVID-19 yang ringan, namun obat tidak dapat menghabisi virus covid-19 secara keseluruhan.

Banyak yang skeptis sejak awal, karena proses yang Panjang dari uji coba awal ke peluncuran aktual produk medis tersebut. Jika fundamental mengecewakan tidak cukup, hal teknis sekarang juga menandakan bahwa saham akan mengakhiri tren meningkatnya.

Harapan terkait vaksin untuk COVID-19 mendorong harga ke tren naik setelah sahamnya hampir statis sejak harga terendah 26 Desember 2018 di $60,32. Namun, sahamnya turun mengakhiri tren meningkatnya dan tren menurun pun mulai muncul pada 15 Mei, mempertanyakan daya tahan tren tersebut.

Peringatan kedua terjadi ketika harga naik kembali melewati harga terendahnya tetapi gagal mempertahankan nilainya. Sejak saat itu, harga telah jatuh ke harga terendah 19 Mei di $72,30, ketika menembus saluran naik.

Perhatikan bahwa 50 DMA disesuaikan dengan harga terendah, sedangkan 100 DMA mendukung penetrasi awal yang rendah. Penurunan di bawah $72 tidak hanya akan mematahkan dukungan 100 DMA tetapi kemudian akan menyebabkan palung kedua yang lebih rendah, menyelesaikan tren menurun.

Momentum menunjukkan bahwa tren kenaikan harga tidak berkelanjutan — memberikan perbedaan negatif karena turun terhadap kenaikan harga. MACD menunjukkan bahwa kisaran harga telah menurun. Langkah pengembalian baru-baru ini untuk menguji ulang bagian bawah saluran-yang telah tertahan-menarik MA jangka pendek di atas MA jangka panjang. Namun, sekarang kembali jatuh.

Satu-satunya kekhawatiran kami adalah kurangnya lonjakan volume dengan penembusan ke bawah. Itu akan menunjukkan minat yang signifikan. Alih-alih, langkah kembali—di kedua arah—disertai dengan volume yang lebih tinggi.

Meskipun volume penting, itu sekunder untuk harga. Penurunan di bawah $70 akan membentuk pola peak-and-trough downtrend, hal yang biasa terjadi pada analisis teknikal.

Strategi Trading

Trader Konservatif akan menunggu palung kedua, terlebih jika termasuk 200 DMA, saat ini di $68,87, kemudian untuk reli korektif sebelum masuk ke posisi jangka pendek.

Trader moderat cenderung menunggu untuk palung kedua ketika terjadi lonjakan untuk mendapatkan keuntungan, untuk entri yang lebih baik yang belum tentu mengonfirmasi tren.

Trader agresif mungkin tidak terlalu sabar, karena mereka tahu bagaimana membangun rencana perdagangan yang koheren dan menindaklanjutinya.

Contoh Trading - Pengaturan Posisi Jangka Pendek

• Entri: $75 – dalam rebound

• Stop-Loss: $77

• Risiko: $2

• Target: $69

• Reward: $6

• Rasio Risiko:Reward: 1:3